Kemah Ceria di Wisata Gentong Mas

Kemah Ceria di Wisata Gentong Mas

Malang, (21/09/2023)–MTs Ibadurrahman di Kelurahan Sukun, Kota Malang, menggelar acara Kemah Ceria dengan tema Membangun Kreativitas, Membentuk Jiwa Mandiri dan Berakhlakul Karimah. Acara yang berlangsung selama dua hari pada Rabu-Kamis, 20-21 September 2023, ini menjadi momen berharga bagi siswa untuk mengembangkan diri, memperkuat kerjasama tim, dan memupuk nilai-nilai positif.







Dengan lokasi yang dipilih di Wisata Gentong Mas, para siswa MTs Ibadurrahman dibagi menjadi 12 regu, masing-masing regu terdiri dari 12-13 anggota, serta didampingi oleh guru pendamping yang bertanggung jawab terhadap regunya masing-masing.

Rangkaian acara dimulai pada Rabu, 20 September 2023, dengan persiapan pemberangkatan pada pukul 7.30 setelah Shalat Dhuha. Setelah tiba di lokasi, dilakukan apel pembukaan yang diikuti pendirian tenda.

Setelah melakukan salat duhur berjamaah, para siswa terlibat dalam serangkaian lomba yang memerlukan kerjasama tim, seperti Estafet Sarung, Estafet Tongkat, Gobag Sodor, dan Tarik Tambang, yang berlangsung dari pukul 12.30 hingga 14.30. Lomba-lomba ini dirancang untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan siswa dalam berkolaborasi.

Pada pukul 15.00 peserta melaksanakan salat ashar berjamaah. Kemudian mereka mendengarkan pemateri Ust. Rokib yang memberikan kuliah singkat dengan tema Stop Bullying. Setelah salat magrib berjamaah, para siswa mengikuti kegiatan religius seperti bermunajat dan salawat, diikuti oleh pembacaan Maulid, tausiah dari Gus Ali Fikri, dan salat isya’ berjamaah. Setelah makan malam, acara berlanjut dengan pertunjukan pentas seni yang dibawakan oleh tiap regu diikuti dengan jelajah malam.

Kamis, 21 September 2023, dimulai dengan salat subuh berjamaah dan wirid kemudian dilanjutkan dengan senam pagi yang dipimpin oleh Ust. Gufron sebelum berkemas pulang dan mengikuti operasi semut untuk membersihkan area kemah.

Kepala Madrasah, dalam komentarnya, mengungkapkan kebahagiaannya atas kesuksesan acara Kemah Ceria ini. Beliau berharap melalui kegiatan ini, para siswa dapat memperkuat persaudaraan, mengasah kreativitas, dan memupuk nilai-nilai kejujuran, disiplin, serta kerjasama. Selain mentadabburi alam, Kemah Ceria juga menjadi momen berharga untuk memperkokoh rasa cinta pada agama dan negara, serta mempersiapkan generasi muda yang berkarakter kuat dan berakhlakul karimah.