Pembelajaran Interaktif, Outing Class ke TPA Supit Urang Kota Malang

Pembelajaran Interaktif, Outing Class ke TPA Supit Urang Kota Malang

Kota Malang (MTs Ibadurrahman) – MTs Ibadurrahman Sukun-Malang kembali menggelar kegiatan outing class, yakni pembelajaran interaktif di luar kelas. Tepatnya di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Supit Urang, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang pada hari Rabu (25/01/2023). Kegiatan kali ini disambut antusias oleh siswa MTs Ibadurrahman karena dapat belajar secara langsung bagaiaman pengolahan sampah yang didapat dari seluruh daerah di Kota Malang.

Pasalnya, TPA dengan luas lima puluh hektar ini mampu menampung 740 ton sampah per harinya. Tidak hanya tempat penampungan sampah, TPA ini juga berfungsi sebagai tempat pengolahan sampah menjadi barang berguna, seperti pupuk kompos dan barang daur ulang lainnya. Dalam hal ini, TPA Supit Urang memiliki fungsi komprehensif untuk menekan pencemaran dan menghasilkan barang bermanfaat.



Kedatangan rombongan MTs Ibadurrahman disambut hangat oleh Kepala UPT TPA Supit Urang, Syarif Hidayat. Beliau juga memberikan arahan dan edukasi kepada siswa MTs Ibadurrahman terkait pentingnya pemilahan dan pengolahan sampah sejak dari rumah, sehingga sampah yang datang ke TPA dapat berkurang. Setelah itu, siswa diajak ke beberapa tempat pengolahan sampah yang ada di TPA Supit Urang, seperti tempat pemilahan sampah organik dan anorganik, tempat pembuatan pupuk kompos, tempat penyaringan air limbah, dan lainnya.

Kegiatan outing class ini dapat memberikan pembelajaran secara nyata kepada para siswa. Mereka tidak hanya melihat melainkan melakukan praktik secara langsung dengan didampingi oleh petugas dalam proses pengolahan sampah. Dengan pembelajaran seperti ini, siswa diharapkan mendapatkan wawasan baru dan dapat mempraktikkan ilmu yang di dapatkan kepada masyarakat sekitar.